Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Selasa, 08 Mei 2012

CARA MENGINSTALL UBUNTU DUALBOOT DENGAN WINDOWS

Bagi kalian yang mempunyai PC ataupun Laptop, pasti kalian tidak asing lagi dengan Operating system atau biasa disingkat OS khususnya adalah OS Linux ubuntu. Pada tulisan ini saya akan membahas bagaimana menginstall Linux ubuntu pada laptop tau pc agar linux ubuntu tersebut bisa dualboot dengan windows. Dualboot berarti adanya 2 OS pada Laptop ataupun PC.

Yang akan saya bahas disini adalah cara menginstall linux ubuntu 10.10 pada laptop atau pc. Berikut adalah caranya:

  1. Menyiapkan partisi untuk instalisasi ubuntu

    Hal ini harus dilakukan, karena untuk menempatkan data-data pada ubuntu kedalam partisi windows. Selain itu Untuk mengatur partisi kita menggunakan aplikasi bernama gparted yg sudah tersediaCD-ubuntu. Jika sudah mendapatkan desktop Unity pada CD-ubuntu tinggal klik menu kemudian cari gparted. setelah itu\ yg perlu kita lakukan adalah memformat partisi yg sudah kita siapkan untuk instalasi menjadi partisi extended.

     1. Klik kanan partisi tersebut kemudian klik New. Akan muncul jendela dialog...

     

     2. Klik pada bagian Create As, pilih Extended Partition. Kalau sudah klik Add
     3. Kita akan kembali ke jendela utama, klik icon check kemudian pilih Apply. Partisi Extended       berhasil dibuat. Kita akan kembali ke jendela utama, klik icon check kemudian pilih Apply. Partisi Extended berhasil dibuat
  2. Membuat partisi swap dan ext4

    Kita sudah membuat Partisi Extended namun masih unallocated. Di sana kita akan membuat partisi yg diperlukan untuk instalasi Ubuntu. Misalnya disini kita harus membuat partisi swapnya.

    1. Klik kanan pada partisi unallocated tersebut kemudian pilih New. Akan muncul jendela dialog seperti di atas.
    2.Ubah ukuran partisi dengan menggeser slider pada grafik ke arah kiri sehingga mendapatkan ukuran yg diinginkan. Bisa juga dengan mengetikkan ukuran yg dimau (dalam MB) pada bagian New Size. Pada contoh saya membuat ukuran swap 1024 MiB (1 GiB).
    3. Pada bagian File System klik, kemudian pilih linux-swap.
    4.Kita bisa juga memberi label, pada partisi tersebut. Di gambar saya memberi label swap.
    5. Kalau sudah klik Add. Kita akan kembali ke jendela utama gparted.

    Jika partisi swap sudah dilakukan, kita lakukan partisi ext4 untuk root pada ubuntu.

    1. Klik kanan pada partisi unallocated, pilih New. Akan muncul dialog box
    2. Ubah ukuran partisi dengan menggeser slider pada grafik ke arah kiri sehingga mendapatkan ukuran yg diinginkan. Bisa juga dengan mengetikkan ukuran yg dimau (dalam MB) pada bagian New Size. Pada contoh saya membuat ukuran partisi ext4 25853 MiB (25 GiB)
    3. Pada bagian File System klik, kemudian pilih ext4.
    4. Kita bisa juga memberi label, pada partisi tersebut. Di gambar saya memberi label Natty.
    5.Jika sudah, kita tinggl klik add dan kembali ke jendela utama gparted. Kita tinggal menerapkan partisi yg kita buat dengan mengklik icon check yg ada di menu bar dan partisi selesai.
  3. Proses Instalasi ubuntu

    Kita klik Ganda icon Install Ubuntu yg ada di desktop, maka akan muncul jendela instalasi Ubuntu
    lalu klik forward. Pada saat ada jendela informasi kita tinggal klik forward hingga selesai. Di jendela berikutnya kita akan di beri 3pilihan instalisasi ubuntu.

    1. Install Ubuntu Alongside Them. Pilihan ini adalah untuk yg tidak ingin menyiapkan partisi sendiri tapi dibuatkan secara otomatis oleh installer Ubuntu.
    2. Erase Disk and Install Ubuntu. Pilihan ini akan menghapus seluruh isi hard disk kemudian menginstall Ubuntu pada disk tersebut. Pilihan ini bisa dipakai pada hard disk baru/kosong. (Sebaiknya jangan memakai instalisasi ini, karena jika dipakai, bisa menyebabkan seluruh system windows yang kita pakai bisa terhapus).
    3. Something Else. Dengan pilihan ini kita dengan leluasa menentukan lokasi dan ukuran partisi untuk instalasi Ubuntu. Pilihan inilah yg kita pakai!.

    Setelah kita pilih pilihan Something else Akan muncul jendela yg menampilkan tabel partisi. Disana kita bisa lihat partisi2 hard disk yg kita punya termasuk dua partisi yg sudah kita siapkan sebelumnya, yaitu swap dan ext4.
    Hard Disk saya terbaca sebagai sda karena saya menggunakan dua hard disk pada Laptop. Bila anda menggunakan PC saja maka hard disk anda akan terbaca sebagai sdb. Sama saja
    Yg perlu kita lakukan adalah menentukan mount point (fungsi) dari partisi ext4 saja. Dan untuk partisi yang lain jangan di klik. Kemudian Partisi swap pun tidak perlu kita sentuh karena otomatis akan terdetek.

    Setelah itu Klik pada partisi ext4, kemudian klik Change.



    Akan muncul jendela dialog
    1. Use As: Ext4 Journaling File System
    2. Format The Partition: Pilih Format
    3. Mount Point: Pilih /

    Klik OK, lau klik install Now
  4. Mengisi data personal

    ini adalah langkah terakhir pada instalisasi ubuntu. Ubuntu akan meminta data-data anda. Pertama yang dilakuan adalah meminta tempat anda tinggal pada map.  Pada keyboard layout kita pilih saja USA untuk defaultnya.

    Kita ditawarkan untuk mengimport user account, tapi karena sebelumnya kita tidak memiliki instalasi Ubuntu langsung klik Forward.



    Nah pada gamar di atas, adalah langkah terakhir pada proses penginstallan. Kita hanya mengisikan nama dan password pada gambar tesebut. Dan ingat jangan menggunakan huruf KAPITAL pada username.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar