Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Selasa, 29 Maret 2011

MANUSIA DAN PENDERITAAN

Umumnya,manusia yang hidup pasti pernah mengalami penderitaan.Penderitaan yang dialami manusia memiliki berbagai macam.Yang akan saya bahas disini adalah penderitaan manusia dari faktor external,penderitaan manusia dari faktor internal,dan penderitaan manusia dari bawaan dalam dirinya.Serta membahas bagaimana cara mengatasi peneritaan tersebut.
Penderitaan manusia dari faktor external adalah penderitaan manusia akbiat ulah manusia itu sendiri.Misalkan seseorang yang kecelakaan kendaraan,lalu dia menderita lumpuh.Dia akan menderita akibat kelumpuhannya.Lalu contoh lainnya,seseorang yang menderita HIV aids karena dia mengkonsumsi narkoba lewat jarum suntik,maka hidupnya akan penuh penderitaan,karena kebanyakan seseorang yang menderita HIV AIDS hidupnya tidak akan lama lagi.Lalu bagaimana kita mengatasi situasi seperti ini.Hal yang harus kita lakukan adalah:
1. Bersikap hati-hati,agar kejadian yang membuat kita menderita tidak terjadi lagi.
2. Bila kita mendapat musibah,dan musibah itu membuat kita menderita,maka kita harus bersabar.Karenda dengan bersabar,kita dapat menerima apa yang kita alami.
3. Bertawakal kepada tuhan,karena musibah yang kita dapat bukanlah selamanya menjadi penderitaan bagi kita.tetapi mungkin saja itu peringatan dari tuhan untuk kita,agar kita selalu taat kepadanya.
Penderitaan faktor internal,yaitu penderitaan akibat faktor dari dalam.Misalnya faktor dari keluarga,lingkungan,dan faktor dari tempat kerja kita.Sebagai contoh dari faktor keluarga,seorang anak yang disiksa oleh ayahnya.Hal ini akan merusak sikap psikologis anak.Dan membuat anak tersebut menderita karena dia selalu di siksa,dan tidak dapat menikmati hidupnya dala keluarganya.
Lalu dalam faktor lingkungan,misalnya seseorang yang selalu dicemooh atau di gunjing oleh tetangganya karena sikap buruknya.Padahal yang di gunjingkan tetangganya itu tidak benar.Hal ini akan membuat orang tersebut tidak betah dalam lingkungannya,dan dia akan menderita.
Lalu contoh lainnya di tempat kerja,missal seseorang yang tidak di senangi oleh kawan kerjanya akbiat beberapa hal(misalnya dia selalu mendapat pujian dari bos nya,dan teman kantornya menganggapnya mencari muka pada bosnya).Hal ini akan membuat orang tersebut tidak betah di lingkungan kerjanya,dan akan membuat orang tersebut merasa tertekan di lingkungan kerjanya.Hal ini membuat orang tersebut menderita.
Lalu,bagaimana caranya agar mengatasi kondisi seperti ini
1. Berkomunikasi lah pada orang-orang yang membuat kita menderita,Tanya kepada orang tersebut,bagaimana caranya aga dia tidak membuat kita menerita lagi
2. Ikuti kemauan orang tersebut,jika kemauannya masih berdasarkan batas-batas hak kita.
3. Jika kemauan orang yang membuat kita menderita melewati batas hak kita,lanjutkan lah hak kita yang di tentang oleh orang tersebut.Jangan takut untuk memperjuangkan hak kita.
Selanjutnya,kita akan membahas penderitaan dari faktor bawaan,penderitaan ini bersifat alamiah dari dalam diri kita,misalnya kita memiki sifat takut akan sesuatu,misalnya takut ketinggian.Penderitaan ini disebut dengan phobia.Contoh lainnya,kita tidak pernah bisa tidur pada malam hari,penderitaan ini disebut dengan Insomnia.Umumnya penderitaan bawaan merupakan perndritaan yang tidak begitu besar dampaknya bagi manusia.Cara mengatasi nya yaitu hanya 1,sering berlatih agar kuat dalam menghadapi ketakutan itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar