Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Rabu, 19 Oktober 2011

INDUSTRI KERAMIK KASONGAN

    Banyak sekali pengangguran di Indonesia, bahkan banyak yang diantara mereka lulusan SMA bahkan kuliah. Pengangguran yang terjadi diakibatkan karena lapangan kerja yang seikit di Indonesia, sehingga banyak SDM yang tidak terpakai. Dan juga hal ini diakbatkan karena populasi penduduk di Indonesia yang banyak,  sehingga menambah besar sulit untuk mendapatkan pekerjaan.

    Maka pemerintah telah menyusun rencana untuk menangulangi masalah pengangguran tersebut. Salah satunya dengan membentuk UMKM (Usaha Mikro Kecil dan Menengah). Masyarakat yang ingin menjadi wirausaha akan diberikan pemerintah bantuan modal untuk menjalankan usahanya tersebut. Sehingga semakin banyak masyarakat yang menjalankan program pemerintah tersebut, semakin besar lapangan pekerjaan yang ada di Indonesia.
     
    Banyak UMKM-UMKM yang berdiri di Indonesia, salah satu nya adalah Industri Keramik Kasongan, Kabupaten Bantul, DIY. Industri keramik ini sudah di jalankan masyarakat bantuk tersebut, sampai sekarang industri ini berjalan baik dan bahkan produksinya sudah ada di seluruh Indonesia. Industri keramik kasongan tetap berdiri karena faktor berikut.
 
    Pertama, faktor usia sentra Industri Keramik Kasongan yang cukup tua ditilik dari sejarahnya sehingga amatlah menarik menganalisis pola perkembangan klusternya. Kedua, kontribusinya yang cukup besar baik dari segi finansial, unit usaha, dan penyerapan tenaga kerja terhadap Kabupaten Bantul. Ketiga, faktor stuktur unit usaha Sentra Industri Keramik Kasongan yang didominasi oleh industri kecil dan rumah tangga.

    Industri ini juga telah menembus pasar luar negri karena telah di teliti oleh studi di Amerika serikat  yang diajukan oleh (Markusen, 1996) memilik tesis pola kluster yang baik. Sehingga poduk keramik yang di hasilkan begitu berkualitas

    Menurut saya,semakin banyak UMKM berdiri di Indonesia, maka banyak lapangan pekerjaan yang berdiri, sehingga angka pengannguran di Indonesia semakin menipis.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar