Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Senin, 12 Maret 2012

PENAWARAN DAN PERMINTAAN

Penawaran dan permintaan sangat berpengaruh dalam kegiatan ekonomi. Penawaran dan permintaan umumnya terjadi pada proses jual beli di pasaran. Dan biasanya penawaran dan permintaan jadi kuantitas pada harga barang di pasaran. Karena adanya penawaran dan permintaan bisa menyimbangan harga kuantitas barang yang di jual di pasaran. Jadi inti dari penawaran dan permintaan ini bisa menjadi tolak ukur untuk menciptakan suatu pasar yang kompetitif, baik mengenai harganya maupun minat pembeli untuk membeli barang yang di tawarkan.

  1. Pengertian penawaran

Penawaran adalah jumlah barang atau jasa yang tersedia dan dapat dijual oleh penjual pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi penawaran:
  • Harga barang itu sendiri
  • Harga barang yang berkaitan
  • Tingkat produksi
  • Ekspetasi/perkiraan
Dari keempat faktor diatas bisa disimpulkan dengan hukum penawaran bahwa semakin tinggi harga barang maka semakin rendah penawaran, semakin rendah harga suatu barang semakin tinggi penawaran. Dan hal ini merupakan hukum dari penawaran.

Dalam ilmu ekonomi, untuk melihat suatu penawaran di butuhkan suatu KURVA PENAWARAN. Hal ini sangat berguna untuk melihat minat seorang konsumen terhadap suatu barang. Berikut adalah contoh dari kurva penawaran tersebut.



Dari gambar kurva diatas dapat kita lihat Kalau penawaran bertambah diakibatkan oleh faktor-faktor di luar harga, maka supply bergeser ke kiri atas. - Kalau berkurang kurva supply bergeser ke kiri atas - Terbentuknya harga pasar ditentukan oleh mekanisme pasar.
Itulah contoh dari kurva permintaan, jadi kurva ini sangat bermanfaat untuk mengetahui mintat konsumen terhadap barang.

Selain kurva penawaran terdapat juga teori penawaran. fungsi dari teori penawaran ini adalah untuk menerangkan sifat si penjual dalam menjual barangnya.

  2. Pengertian permintaan 

Permintaan adalah jumlah barang atau jasa yang ingin dan mampu dibeli oleh konsumen, pada berbagai tingkat harga, dan pada waktu tertentu. Beberapa faktor yang mempengaruhi permintaan :
  • Harga barang itu sendiri.
  • Harga barang lain yang berkaitan
  • Tingkat pendapatan.
  • Selera konsumen
  • Ekspektasi/perkiraan.
Permintaan sangat berpengaruh terhadap permintaan konsumen kepada produsen karena akan minat konsumen tersebut. Disini hukum permintaan berbanding terbalik antara barang yang diminta dengan harga barang tersebut. Maksudnya adalah ketika harga barang tersebut naik, maka permintaan akan barang tersebut turun, jika harga barang tersebut turun maka permintaan akan naik. 
Hal tersebut tidak bisa dipungkiri lagi, karena hukum tersebut sangat berpengaruh kepada keadaan ekonomi konsumen.

Permintaan juga mengenal kurva. Tetapi kurva disini berbeda dengan kurva pada penawaran. Kurva permintaan membahas hubungan antara barang dengan jumlah barang yang diminati seorang pembeli. Kurva permintaan berbagai jenis barang pada umumnya menurun dari kiri ke kanan bawah (Berbeda dengan kurva penawaran yang bergeser dari kiri ke atas).
Teori permintaan juga berbanding terbalik dengan teori penawaran. hal ini disebabkan karena teori penawaran yang fokus terhadap permintaan suatu barang dan berbanding lurus dengan harga yang di tawarkan. Maksudnya adalah jika permintaan barang tersebut naik, maka harga barang tersebut akan naik, sebaliknya jika permintaan akan barang tersebut turun, maka harga barang tersebut ikut turun.
 

Sumber : 

1. http://id.wikipedia.org/wiki/Penawaran_dan_permintaan

2. http://broncu.blogspot.com/2010/03/ruang-lingkup-ekonomi.html

1 komentar: