Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Senin, 12 Maret 2012

RUANG LINGKUP EKONOMI

Di dalam kehidupan kita tidak lepas dari Ekonomi. Ekonomi sangat penting bagi kehidupan kita. Karena tanpa adanya ekonomi, tidak akan ada namanya proses jual-beli, baik itu sandang, pangan ataupun papan. 

Ekonomi merupakan salah satu ilmu sosial yang mempelajari aktivitas manusia yang berhubungan dengan produksi, distribusi, pertukaran, dan konsumsi barang dan jasa. Istilah "ekonomi" sendiri berasal dari kata Yunani οἶκος (oikos) yang berarti "keluarga, rumah tangga" dan νόμος (nomos), atau "peraturan, aturan, hukum," dan secara garis besar diartikan sebagai "aturan rumah tangga" atau "manajemen rumah tangga." Sementara yang dimaksud dengan ahli ekonomi atau ekonom adalah orang menggunakan konsep ekonomi dan data dalam bekerja. Banyak perusahaan-perusahaan yang membutuhkan karyawan/pekerjanya yang pintar dalam ilmu ekonomi. Hal ini karena ekonomi itu sendiri mempunyai ruang lingkup yang sangat besar. Dalam tulisa ini kita akan membahas beberapa ruang lingkup apa saja yang ada di dalam ekonomi.

Di dalam Ekonomi terdapat masalah ekonomi, dan masalah ekonomi terdapat ruang lingkupnya tersendiri, masalah-masalah ekonomi sebagai berikut.
  • Kebutuhan manusia 
Pada dasarnya, manusia bekerja mempunyai tujuan tertentu, yaitu memenuhi kebutuhan. Kebutuhan tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari. selama hidup manusia membutuhkan bermacam-macam kebutuhan, seperti makanan, pakaian, perumahan, pendidikan, dan kesehatan. Kebutuhan dipengaruhi oleh kebudayaan, lingkungan, waktu, dan agama. Semakin tinggi tingkat kebudayaan suatu masyarakat, semakin tinggi / banyak pula macam kebutuhan yang harus dipenuhi. Contohnya kita ingin membeli pakaian, membeli rumah, membeli makanan, membutuhkan dokter bila ita sakit. Hal ini merupakan contoh kecil kebutuhan manusia. Dan untuk memenuhi hal itu semua manusia membutuhkan ekonomi untuk mengapainya.
  • Barang dan jasa
Barang adalah alat/sarana untuk memenuhi kebutuhan manusia, baik secara langsung maupun tidak langsung yang bersifat konkret, sedangkan jasa adalah alat/sarana pemuas kebutuhan manusia yang bersifat abstrak. Misalnya kita ingin membeli sebuah motor secara kredit untuk aktivitas sehari-hari, maka motor disini disebut barang. Dan orang yang memberikan kredit di sebut jasa.
  • Biaya sehari-hari
Biaya sehari-hari adalah biaya yang dikeluarkan untuk memenuhi sehari-hari yang dinyatakan dengan satuan uang. Biaya sehari-hari antara manusia satu dengan manusia yang lain tidak selalu sama, dan tidak semua kebuthan sehari-hari selalu dapat dipenuhi. Hal ini karena keterbatasan/kelangkaan sumber daya alam tersebut.
  • Biaya peluang
Tidak semua kebutuhan terpenuhi maka manusia mencari pilihan yang tepat untuk memenuhi kebutuhannya. Oleh karena adanya pilihan lain inilah terjadi biaya peluang. Biaya peluang adalah biaya yang tidak jadi dikeluarkan/dikorbankan karena seseorang beralih untuk membeli barang yang lain. Di dalam mengalokasikan sumber daya dan barang sebagai alat pemuas kebutuhan harus dilakukan secermat mungkin agar pengalokasian tersebut dapat memenuhi kebutuhan, baik vertikal maupun horizontal.

Selain masalah-masalah ekonomi yang di bahas. Ruang lingkup ekonomi juga membahas masalah kelangkaan.Kelangkaan terjadi penyebab utamanya adalah Sumber daya yang kurang, baik itu sumber daya manusia maupun sumber daya alam.

Itulah sebagian dari ruang lingkup ekonomi, intinya ekonomi itu sangat luas dan sangat berpengaruh dalam kehidupan di dunia.


 

 





Sumber: http://broncu.blogspot.com/2010/03/ruang-lingkup-ekonomi.html 

1 komentar: