Welcome

WELCOME TO MY BLOGS

Selasa, 14 Januari 2014

PERANAN TELEMATIKA


  1. PENDAHULUAN

    Telematika tidak terlepas dari kehidupan sehari-hari kita, banyak manusia dimuka bumi ini yang memanfaatkan ilmu telematika. Kita lihat sebelum telematika berkembang banyak orang yang sulit mendapatkan informasi, sulit berkomunikasi dan sulit dalam melakukan pekerjaannya, karena kita tahu bahwa telematika tidak jauh dari teknologi,informasi dan komunikasi.


    Untuk itu saat telematika dikembangkan, semakin pula banyak teknologi yang di kembangkan, komunikasi dan informasi yang mudah didapat. Hal ini terjadi karena peranan telematika yang ada didalamnya, kita bisa menikmati perkembangan teknologi, informasi dan komunikasi saat ini. Contoh kecilnya saja sudah berkembangnya penggunaan internet. Dulu internet hanya bisa di pakai pada media PC (Personal Computer)/Laptop, sekarang internet bisa digunakan pada banyak media, seperti handphone, smartphone dan tablet. Hal itu terjadi juga karena peran telematika pada informasi dan komunikasi.

    Tidak hanya pada bidang komunikasi, informasi dan teknologi, peran-peran telematika telah diterapkan dalam bidang pendidikan, bahkan kehidupan sehari-hari.

  2. PEMBAHASAN

    Seperti yang sudah dibahas sebelumnya, bahwa telematika memiliki peranan dari berbagai aspek, yaitu teknologi, komunikasi, informasi ataupun  pendidikan. Para pakar yang mempunyai ilmu tentang telematika bekerjasama dengan pakar memahami studi dalam bidang teknologi, kominikasi, informasi ataupun pendidikan, sehingga apek-aspek tersebut berkembang pesat saat ini 

    Dalam teknologi kita pastinya berbicara tentang pengaruh teknologi dalam kehidupan sehari-hari, teknologi disini dapat memenuhi semua cakupan yang tadi kita singgung. Teknologi dalam ilmu komunikasi tidak lepas dari peran telematika yang ada di dalamnya. Kita bisa melihat dulu orang-orang jika ingin berkomunikasi dengan orang lainnya harus berjalan ke tempat orang tersebut atau melalui surat  yang dikirim melalui pos, tentu saja hal tersebut dapat membuang-buang waktu dan tenaga. Dengan ada nya pakar-pakar yang mempunyai ilmu telematika tadi yang bekerjasama dengan pakar yang ahli dalam bidang komunikasi, maka lahir lah telepon, handphone/ smartphone yang ada di zaman sekarang ini, sehingga komunkasi dapat berjalan dengan baik.

    Teknologi dalam bidang informasi bisa kita ambil contoh adalah internet. Dengan adanya internet tadi kita bisa memperoleh informasi dengan cepat dan mudah. Kita tahu bahwa didunia ini informasi paling mahal. Tapi dewasa ini perkembangan internet juga sudah sangat pesat. Internet yang dulu hanya bisa digunakan untuk PC/laptop sekarang sudah bisa digunakan di Handphone/Smartphone. Selain internet televisi juga menawarkan berbagai informasi yang sering kita lihat, baik melaui berita ataupun hiburan semata. Di zaman sekarang ini televisi juga telah berkembang pesat, yaitu dari bentuk nya. Kita tahu dahulu televisi memiliki berbagai perkembangan, dari yang hitam putih, berwarna, bentuknya menjadi tipis sampai ada OS (Operating System) di dalam televisinya, itu semua merupakan perkembangan teknologi dalam pertelevisian.

    Dan terakhir dalam bidang pendidikan, saya dapat mengambil contoh dari kampus saya di Gundarma( Bukannya promosi ya... Hehehe^^). Dalam pendidikan di kampus saya ini peran telematika sangat berpengaruh, karena banyaknya teknologi yang di pakai dalam proses belajar di kampus saya. Contoh penggunaan OHP ( OverHead Projector) yang digunakan setiap dosen untuk mengajar para mahasiswa nya. Selain itu gunadarma juga pernah melakukan video telecoference dari kampus bekasi ke kampus di simatupang untuk melakukan studi. Darisitu ternyata pendidikan juga ambil bagian dalam peran telematika. 






Sumber:
  1. http://lavians.blogspot.com/2012/11/peranan-telematika-dalam-bidang.html
  2. gakaramyblog.blogspot.com/2012/12/peranan-telematika.html
  3. http://indradermawan.wordpress.com/2012/12/03/peranan-telematika/
  4. dhenga316.wordpress.com/2012/11/30/peranan-telematika-dalam-pendidikan-serta-positif-dan-negatifnya-pengunaan-telematika/








Tidak ada komentar:

Posting Komentar